Breaking News
recent

Kopi Tubruk; Jawa, Indonesia

Kopi Tubruk adalah minuman kopi dari Indonesia yang dibuat dengan mendidihkan biji kopi bersama dengan gula. BACK HOME...
Kopi ini memiliki kesamaan dengan kopi dari Turki dan Yunani dalam hal kepekatannya. Kopi tubruk cukup populer di Pulau Jawa dan Bali.
Resep dari kopi tubruk ini dibawa oleh pedagang dariTimur Tengah ke Indonesia. Di Timur Tengah, kopi tubruk ini dikenal sebagai "kopi lumpur”.
Berdasarkan arti bahasa, kata tubruk berasal dari bahasa Jawa yang artinya “bertabrakan”. Di dalam secangkir kopi tubruk, kopi bubuk, gula pasir, dan air panas memang saling bertabrakan. Selain itu, tubruk berarti hantam. Hal itu dikarenakan dalam pembuatan kopi ini dilakukan dengan cara menghantam dengan menggunakan alu dan lesung atau lebih populer dengan istilah ditumbuk. 
Kopi tubruk telah dikenal sejak lama dan sudah tertanam pada masyarakat Indonesia semenjak sekitar 400 tahun lalu. Dikarenakan telah lama hidup di Indonesia, kopi tubruk telah menjadi identitas Indonesia. Melalui kopi tubruk itu pula, kita bisa melacak bagaimana orang-orang di Indonesia merayakan tradisi minum kopi.
Sesuai dengan teksturnya, kopi tubruk ini dibagi menjadi dua yaitu kopi tubruk halus, dan kopi tubruk kasar. Kopi tersebut dibuat setelah adanya permintaan agar kopi tubruk ini dibedakan menurut teksturnya, untuk memberikan pilihan rasa dan aroma. Dan dari hasilnya, kopi tubruk halus lebih menonjol pada rasa, dan aroma pada kopi tubruk halus lebih cepat menghilang.
Kopi tubruk merupakan cara termudah dalam menghidangkan kopi. Hal utama yang harus diperhatikan dalam membuat kopi tubruk adalah air yang digunakan haruslah benar-benar panas karena apabila tidak maka ampas kopi biasanya akan mengambang di permukaan air. Takaran bubuk kopi dalam satu cangkir adalah 12 gram atau sekitar dua sendok teh.
Variasi lain dari kopi tubruk adalah dengan menambahkan susu kental manis. Salah satu variasi yang kurang terkenal dari kopi ini adalah dicampur dengan jus alpukat. Kopi tubruk ini pada umumnya di Indonesia diminum bersama dengan hidangan gorengan, diantaranya yang paling favorit adalah pisang goreng.
Kopi tubruk memiliki aroma dan cita rasa khas yang membuat peminumnya merasakan sensasi tersendiri. Ampas yang terkadang nyangkut di mulut…sebagian orang mungkin ada yang mengunyah nya, akan tetapi sebagian orang ada yang meludahkannya seperti dalam permainan ‘tulup’(senjata seperti sumpit, akan tetapi amunisinya berupa biji-bijian dan biasa nya di gunakan untuk mainan anak-anak tradisional), oleh sebab itu Kopi Tubruk juga biasa disebut dengan Kopi Tulup. 
Kopi tubruk mampu memberikan rasa dan aroma asli kopi tanpa harus merasakan rasa pahit nya. Oleh karena itu, kebanyakan jenis kopi bubuk yang digunakan dalam kopi tubruk adalah jenis kopi yang beraroma kuat, seperti kopi luwak. Cara penyajiannya yang gampang dan cepat membuat penikmat kopi tidak harus mengunjungi kafe atau kedai kopi untuk bisa menikmati kopi tubruk ini. Pada saat hujan turun atau butuh energi tambahan untuk lembur kerja, misalnya, penikmat kopi bisa membuat kopi tubruk buatan mereka sendiri. 

Sumber:

Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.