Breaking News
recent

Kopi Kintamani; Kabupaten Bangli, Bali

Kopi Kintamani;
Jenis Produksi Utama: Kopi Arabica 

 BACK HOME...
Kintamani adalah sebuah kecamatan di Kabupaten BangliProvinsi BaliIndonesia. Kintamani juga merupakan kawasan wisata pemadangan alam di BaliIndonesia.
Jenis kopi Bali atau Kintamani ini adalah merupakan salah satu jenis kopi Arabika yang dikenal memiliki rasa yang lembut dan juga manis.Jenis kopi ini adalah merupakan salah satu produk kopi yang diproduksi dengan menggunakan sistem pengairan dari Bali, Subak Abian. Sistem pengairan ini dapat mendorong pengolahan kopi secara organic. Jenis kopi ini juga dikenal mempunyai kekhasan yang terlihat unik dan tidak dimiliki oleh jenis kopi lainnya. Kopi Kintamani ini dikenal memiliki keunggulan terutama dari kualitas rasa dan produk dari jenis kopi ini.
Kopi Kintamani ini telah dikenal oleh masyarakat dunia penggemar kopi. Jenis kopi Kintamani Bali ini adalah merupakan jenis tanaman yang telah ditanam dengan ketinggian di atas 900 dpl atau sekitar 1000 m. Jenis kopi Kintamani Bali ini cocok untuk jenis kopi Arabika dengan sistem pertanian yang terkenal homogen ada di kawasan Kintamani. 
Kawasan ini memang dikenal mempunyai iklim yang khas dengan udara yang dingin dan kering serta dengan temperature yang cukup tinggi. Iklim yang ada di kawasan utara Bali ini juga dikenal cocok untuk tanaman biji kopi Kintamani satu ini.
Karakteristik kopi Kintamani Bali (biji kopi dan citarasa) telah diteliti secara mendalam sejak 2003. Pada tahun 2003-2004 dan 2006 telah diambil ratusan sample yang dianalisis oleh para ahli kopi di-PPKKI (jember) dan cirad (montpelllier, prancis). Penelitian ini menghasilkan data-data yang konsisten berkenaan dengan ukuran biji kopi dan citrarasanya.
Berdasarkan data potensi sumber daya lahan (luas areal kopi arabika) untuk Bangli seluas 6.600 ha dengan produksi 2.477 ton.

sumber:
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.